Langsung ke konten utama

'Aturan' Dalam Branding Desain

Beberapa 'Aturan' Dalam Branding Desain

1. Mulai dari pelajari kompetitor. Cari minimal 10 kompetitor. Ketika kita tahu apa yang ada di market, kita bisa menciptakan sesuatu yang menonjol yang akan dilirik konsumen.

2. Ciptakan brand yang bisa bekerja di banyak media. Bukan hanya media cetak, tapi juga web, ads, apps, dsb.

3. Sederhana. Simple. To the poin. Logo yang rumit akan membingungkan orang.

4. Identifikasi 'pembeli' atau konsumen/client ideal. Ini akan membuat gambaran jelas, brand tersebut untuk siapa.

5. Jadilah unik. Bukan hanya unik, tapi juga mudah untuk dikenali dan diingat.

6. Kemandiriaan icon dan typography. Bukan hanya icon yang unik, tapi juga didukung dengan font yang unik dan mandiri.

7. Komunikasikan pesan brand anda. Melalui logo, font, warna, slogan, dan sebagainya.

8. Pertahankan semua desain bersifat kohesif (melekat, seragam). Ini bisa ditempuh dengan membuat Petunjuk Visual Brand (Brand Guidelines).

9. Pertahankan Brand Guidelines.

10. Jangan takut untuk rebranding ketika perusahaan tumbuh. Tapi disarankan jangan kurang dari 5 tahun.

11. Eye Catcing. Berbeda dengan pada umumnya. Buatlah seseorang berhenti pada feed Facebook atau Instagram ketika melewati post kita. 


Sumber :

https://uhurunetwork.com/branding-design/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Affinity Designer

1. Color coding, yaitu penanda warna pada layer untuk membedakan dengan layer lainnya. Cari di klik kanan layer yang dipilih.  2. Save history, untuk menyimpan history bersama dengan dokumen yang kita buat. 3. Isolation mode, untuk fokus melihat/mengubah layer tertentu tanpa gangguan gambar secara keseluruhan. Caranya, klik layer/group layer yang akan kita edit sambil klik tombol alt .  4. Shortcut untuk opacity, tekan angka 1 untuk 10%, 2 untuk 20%, dst.  5. Rasterize. Ini untuk membuat layer/group menjadi gambar/pixel.   Sumber : 

Cara Optimasi Largest Contentful Paint (LCP)

Sebelumnya, telah kita ketahui apa itu Largest Contentful Paint (LCP) dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Selanjutnya kita ukur LCP pada website.  Berikut ini rekomendasi Google untuk mengukur LCP : PageSpeed Insights Search Console  (Core Web Vitals report) Chrome User Experience Report  (membutuhkan akun Google dan Google Cloud Project Ada beberapa masalah yang timbul ketika melakukan optimasi pada LCP ini, yaitu: Slow server response times Render-blocking JavaScript and CSS Slow resource load times Client-side rendering Setelah kita tahu beberapa masalah yang sering muncul, sekarang tentu pertanyaannya bagaimana cara mengoptimasinya? Sebenarnya untuk melakukan optimasi, harus dengan mengevaluasi langsung website yang bermasalah. Karena tiap website memiliki script dan konfigurasi yang berbeda. Tapi secara umum optimasi bisa dilakukan pada image, CSS, JavaScript, dan server.  Jika anda perhatikan pada bagian “elemen yang dihitung pada LCP” yang dibahas sebelumnya, empat dari 5

Bullets and Numbering Affinity Designer 1.8

Aplikasi Affinity Designer (versi 1.8.5) ini sudah cukup lengkap (MasyaaAllah) , termasuk ketika kita mendesain layout yang tidak bisa lepas dari text dan segala macamnya. Bullets and Numbering yang biasanya ada di aplikasi pengolah kata dan layout pun tersedia di aplikasi pengolah vector ini.  Untuk mengubah jarak antara bullet atau nomor dengan text buka tab Charracters. Di sana ada pengaturan yang cukup lengkap. Sedangkan untuk menambahkan paragraf baru tanpa menambahkan nomor atau bullet tekan shift + enter. Jika ingin paragraf baru tersebut sejajar dengan text di atasnya, ubah tabstop sesuai dengan text di atasnya dan tekan tab pada keyboard.