Pengenalan Branding
Branding sering dijelaskan sebagai gambar, etos, nada dari suatu perusahaan, dan produk itu sendiri. Ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan :
Ketahui audience/konsumen Anda.
Buiam cuma demografi saja, tapi juga hobi dan kesukaan. Setelah kita tahu, baru tentukan produk apa yang cocok dan menarik audience tersebut.
Konsistensi adalah kunci.
Ini bukan hanya pada elemen grafis, tapi juga pada copy/penulisan dan tipe konten harus sama konsepnya, harus senada. Konsisten dengan target market yang telah ditentukan sebelumnya.
Mudah diingat.
Jangan jadi seperti yang kebanyakan lakukan.
Penamaan Brand
Nama brand yang salah akan menenggelamkan kapal bahkan sebelum berlayar.
Proses membuat nama brand bisa menjadi sulit dan membutuhkan banyak waktu. Mungkin mudah menentukan nama brand di kepala kita, tapi bisa jadi sudah ada yang pakai atau ada konotasi lain di kepala konsumen.
Walaupun membutuhkan banyak waktu, karena akan dipakai dalam jangka panjang maka bisa menghemat pengeluaran daripada nantinya harus rebranding yang membutuhkan tenaga dan waktu juga menimbulkan resiko bisnis.
Berikut ini proses dalam memberikan nama untuk brand:
1. Tentukan siapa yang akan memberikan nama. Apakah kita (team) sendiri atau design agency dan sejenisnya.
2. Mulailah dengan goal dari brand. Siapa konsumen yang potensial? Apa yang membuat brand kita beda dengan yang sejenis?
3. Braindstorming nama dengan berbagai sudut pandang.
4. Cek hak cipta
5. Buat gambaran visual sederhana dari setiap ide. Itu akan membantu kita dalam memutuskan.
6. Buatlah keputusan final. Bisa personal atau musyawarah/forum.
Hindari hal berikut ini dalam penamaan brand:
- Merepresentasikan brand dengan gambar (misal logo atau maskot) yang salah.
- Imitasi / meniru dari brand yang lain. Ini akan mengurangi kepercayaan konsumen.
- Nama yang tidak jelas atau hanya kita yang mengerti.
- Salah eja atau ejaan yang aneh. Buatlah nama brand yang mudah dieja atau diucapkan.
Salah satu tahap memberi nama brand adalah braindstorming. Menuangkan semua ide yang memungkinkan untuk digunakan. Ada 6 langkah yang bisa diterapkan :
1. Tulis 15 nama yang kompetitor gunakan untuk produk mereka.
2. Kata apa yang paling menunjukkan nilai untuk pengguna produk anda? Tulis 15 kata kerja.
3. Tulis 15 kata yang muncul di benak kita ketika melihat fisik produk kita (karakteristik).
4. Tulis 15 kata yang berhubungan dengan feeling atau emosional dari fungsi kunci produk.
5. Tuliskan 15 kata kombinasi dari poin 1-4.
6. Tuliskan 25 kata sinonim dari poin 1-4. Luangkan banyak waktu untuk ini.
Bab selanjutnya adalah mendesain brand. Ada di posting berikutnya.
Resume dari ebook berjudul : The Beginner's Guides to Branding - Creative Market
Komentar
Posting Komentar