Langsung ke konten utama

Brand's Tone of voice

Secara singkat, tone of voice adalah gaya yang digunakan oleh brand dalam berkomunikasi dengan audien.

Berkomunikasi dengan pelanggan dibutuhkan pengalaman yang menyenangkan dan nyaman. Bukan hanya dengan bahasa yang datar sebagaimana pidato atau text berita. Bicara brand yang berbeda atau unik bukan hanya logo saja, tapi bagaimana cara brand berkomunikasi juga harus berbeda, unik dan yang penting bermakna. Karena kita berbicara dengan manusia, bukan robot.

Ada 3 langkah utama dalam membuat suara brand ini:

1. Temukan kepribadian brand

2. Definisikan suara brand

3. Terjemahkan ke dalam pengalaman pengguna (User Experience)


Langkah pertama untuk membuat nada suara brand adalah menentukan personaliti. Buatlah brand terlihat manusiawi. 

Manusia berinteraksi dan berhubungan dengan manusia. Maka ketika sebuah brand terasa sebagai "manusia", maka mereka akan berhubungan dengannya.

Langkah kedua yaitu menentukan nada suara brand. 

Tujuan menentukan suara brand ini untuk menerjemahkan "ucapan robot" ke dalam suara manusia. 

Apa bedanya suara, nada dan bahasa dalam brand?

Suara (voice) adalah keseluruhan gaya dari ekspresi sebuah brand. Sedangkan nada adalah variasi dari suara tersebut yang mencerminkan sikap tertentu untuk merespon situasi tertentu.

Dan bahasa merujuk secara khusus pada penggunaan kata-kata Anda.

Singkatnya, sebuah brand akan menggunakan bahasa tertentu untuk mengatasi situasi yang berbeda dengan nada tertentu yang mencerminkan suaranya secara keseluruhan.

Berdasarkan kepribadian brand yang sudah ditentukan, jawablah beberapa pertanyaan tentang suara brand berikut ini :

1. Apa yang akan brand katakan dan bagaimana?

2. Apa yang akan brand bicarakan kepada penggunanya selama tahap yang berbeda dari pengalaman mereka menggunakan produk?

3. Apa yang akan brand katakan ketika mereka membenci produk?

4. Apa yang akan brand katakan ketika mereka mencintai produk?

5. Cobalah dengan pertanyaan yang unik: Apa minuman/makanan favorit brandmu? Mengapa?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas, tentukan dan tulis suara brand ke dalam kertas. Membuat petunjuk dan contoh akan memudahkan semua tim memahami dan sejajar dalam bahasa yang digunakan oleh brand dalam berkomunikasi.

Sebagai contoh bisa menggunakan tabel di bawah ini dengan mengisi kata yang sesuai dengan kepribadian brand dan contoh kalimatnya. 

Brand's tone of voice

Langkah ketiga atau terakhir yaitu menerjemahkan suara brand yang sudah ditentukan di atas ke dalam desain.

Kerangka apapun yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan pengalaman pengguna harus tergabung dalam setiap tahapan. Berikut ini beberapa tempat dimana kita bisa memulai menyusun kosakata dan nada brand yang sudah ditentukan sebelumnya,

  • Signup flow
  • Call-to-action 
  • Landing pages 
  • Notifications 
  • Emails 
  • Support flow

Kita mungkin merasa melewati batas hingga beberapa kali. Apakah ini terkesan kasual? Atau apakah itu menakutkan pengguna? Kembali ke tabel kata yang telah dibuat akan memudahkan kita untuk bereksperimen namun tetap dalam jalur yang benar .

Berikut ini beberapa contohnya

Mailchimp

Hootsuite

Waze


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Format File yang tepat untuk Cetak

Sebelum ke jenis file, kita harus tahu dulu jenis file grafis yg dihasilkan, apakah berupa ilustrasi atau vektor, foto, teks dan gambar, atau sekedar teks saja, dst. Setelah itu kita juga harus tahu tujuan file dibuat, atau output produksi yang ingin dihasilkan dengan file tersebut, contohnya: untuk dicetak di kertas atau garmen, atau sekedar dijadikan slide show, dst. 1. Vektor, Ilustrasi 2D, Teks: .png (paling tepat) atau .gif (lebih kecil tapi hanya 256 warna)  2. Unggah (Upload) di Web: .jpeg atau .png 3. Siap Cetak (Printing):  ▶️ .pdf (recommended, format warna harus CMYK dan 300 dpi),  ▶️ .tiff (ukuran file besar),  ▶️ .png (tinta RGB),  ▶️ .jpeg (utk cetak biasa, not recommended) Sumber : https://desainerhaus.com/2017/07/10/memilih-dan-menyimpan-dengan-format-file-grafis-yang-tepat/ https://bangunjayaprint.wordpress.com/2019/02/13/tips-menyiapkan-file-cetak-final-artwork-fa/

Bins, Smart Bins dan Power Bins di Davinci Resolve

Untuk mengorganisasi media sumber (source), Davinci Resolve 16 mempunyai 3 jenis yang disebut Bins . Yaitu Bins, Smart Bins dan Power Bins . Ketiganya ada di kolom sebelah kiri bagian bawah. Bins ini akan sangat membantu kita ketika media sumber yang kita gunakan ada banyak.  Yang pertama  Bins,  yaitu tempat untuk mengorganisasi atau mengelompokkan media dalam sebuah project . Dengan Bins kita bisa membuat folder untuk mengelompokkan video berdasarkan apa yang kita inginkan. Gunakan shortcut ctrl+shift+n untuk membuat folder/bins baru.  Selanjutnya Smart Bins , yaitu bins yang bisa mengelompokkan media secara otomatis sesuai dengan yang kita inginkan. Smart Bins terkelompok berdasarkan metadata. Jadi sebelumnya kita perlu mengisi metadata di kolom inspector .  Yang terakhir Power Bins . Yaitu Bins  seperti biasa yang bisa kita pakai di seluruh project Davinci Resolve. Secara default menu ini tidak terlihat. Untuk memunculkan buka menu View dan cari bag...

Prinsip kesatuan dalam desain

Unity atau lebih mudahnya disebut kesatuan adalah prinsip desain yang menyatukan beberapa prinsip desain dalam sebuah karya desain. Kesatuan membentuk kekompakan antara satu elemen yang berdampingan dengan elemen yang lain meskipun berbeda warna, skala atau style . Kesatuan adalah kesepakatan antara bagian-bagian yang membentuk keseluruhan desain. Kesatuan dicapai ketika setiap elemen individu dalam desain bersatu seperti teka-teki untuk menampilkan pandangan yang utuh. Bagaimana mencapai kesatuan?  Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesatuan tercipta dari beberapa prinsip desain. Untuk itu kita harus cermat dalam menyatukan beberapa prinsip yang berbeda untuk mencapai kesan utuh. Sebagai contoh, kontras. Ketika desainer memberikan sentuhan berbeda pada suatu objek untuk membuat kontras, jika tidak cocok maka akan membuat objek tersebut tidak cocok dengan desain secara keseluruhan.  Salah satu cara untuk membuat kesatuan adalah dengan melihat atau mengingat kembali proses des...