Sebagus apapun desain identitas kita, brand hanya akan menjadi hidup ketika audien berinteraksi dengan mereka.
Membuat sesuatu yang benar-benar merepresentasikan nilai brand adalah kunci kesan audien yang abadi, impresi yang positif.
Tinggalkan logo untuk sementara dan berpikirlah bagaimana kita menempatkan desain kita di depan audien. Lihatlah brand ternama di tempat yang biasa kita lihat dan aplikasi mana yang bisa kita terapkan pada brand yang kita garap. Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang bisa diterapkan :
- outdoor/indoorw
- Website
- kartu nama
- Stasioneri
- menu dan katalog
- flyer dan brosur
- Header email dan footernya
- sosial media
- packaging
- iklan online dan offline
- merchandise
- seragam, dll
Kemudian kita pilih aplikasi mana yang bisa membuat brand berinteraksi langsung dengan pelanggan yang potensial. Karena beda brand akan beda jenis aplikasi yang digunakan.
Beda jenis pelanggan juga beda aplikasi yang digunakan. Ada 3 jenis atau tingkatan pelanggan menurut Steve Blank dan Bob Dorf, yaitu Get, Keep dan Grow. Masing-masing mempunyai cara dan alat tersendiri untuk didekati.
Get. Jenis ini membutuhkan alat untuk menciptakan kesadaran, minat, pertimbangan, dan pembelian. Contohnya: iklan, merchandise, kartu nama, flyer, sosmed, website.
Keep. Lakukan segala sesuatu untuk mempertahankan pelanggan jenis ini. Diantaranya program loyalitas dan survei pelanggan. Alat yang bisa digunakan : stasioneri, header dan footer email, merchandise, konten marketing (blog, sosmed, dsb).
Grow. Menghasilkan pendapatan tambahan dari satu pelanggan dengan merangsang penjualan berikutnya, penjualan silang, dan rujukan. Alat yang bisa digunakan: stasioneri, iklan promo/diskon, landing page, katalog.
Pendekatan kedua dalam membuat aplikasi desain adalah, siapa audien dari setiap aplikasi yang kita gunakan? Apakah pelanggan, investor, supliyer, atau partner?
Dengan demikian kita bisa menentukan visual yang menarik bagi mereka itu yang bagaimana. Dan cari tahu juga bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka yang efektif.
Perhatikan kembali keseluruhan desain pada aplikasi yang digunakan, tetap jaga keutuhan brand. Konsistenlah pada semua desain aplikasi.
"Desain bukan hanya bagaimana ia terlihat, tapi bagaimana ia bekerja." - Steve Job
Cek kembali apakah desain pada aplikasi yang digunakan sudah bekerja atau berkomunikasi dengan audien secara baik dan benar? Karena sebagus apapun desain kita, kalau tidak bekerja dengan baik maka ia percuma.
Komentar
Posting Komentar