Langsung ke konten utama

Prinsip Skala dan Proporsi

Dalam desain, prinsip skala mengacu pada ukuran relatif suatu objek dibandingkan dengan objek yang lainnya. 

Skala dalam desain bisa mempengaruhi atau berefek pada arti, suasana dan keseluruhan komposisi. Skala 'bertanggung jawab' untuk membuat visual hierarchy di antara keseluruhan elemen desain. Skala memberi tahu mana elemen yang seharusnya dilihat dan mana elemen yang paling penting dan perlu diperhatikan lebih.


Skala bisa juga menciptakan cerita, menggambarkan gerakan dan ritme. Jadi ketika kita membuat objek yang satu lebih besar daripada yang lain, tanyakan pada diri kita "mengapa". Mengapa ini lebih besar daripada yang lain, mengapa itu berada di depan sedangkan lainnya di belakang.

Pikirkan dua titik hitam—keduanya berukuran sama. Ini adalah gambar standar yang statis, bukan? Sekarang pikirkan satu titik yang jauh lebih besar dari yang lain. Tiba-tiba, gambar itu mulai bercerita. Apakah titik yang lebih besar lebih penting daripada titik yang lebih kecil? Apakah itu berisi teks yang harus dibaca pemirsa atau logo yang harus dilihat pemirsa? Jika Anda menggambar wajah ketakutan di titik kecil, apakah sekarang akan terlihat terintimidasi oleh titik besar? Apakah itu menyedihkan atau lucu?


Satu hal terakhir yang perlu diingat, skala lebih besar belum tentu lebih baik. Skala yang lebih kecil juga bisa memberikan efek kepada audiens. 

Sumber : canva.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Format File yang tepat untuk Cetak

Sebelum ke jenis file, kita harus tahu dulu jenis file grafis yg dihasilkan, apakah berupa ilustrasi atau vektor, foto, teks dan gambar, atau sekedar teks saja, dst. Setelah itu kita juga harus tahu tujuan file dibuat, atau output produksi yang ingin dihasilkan dengan file tersebut, contohnya: untuk dicetak di kertas atau garmen, atau sekedar dijadikan slide show, dst. 1. Vektor, Ilustrasi 2D, Teks: .png (paling tepat) atau .gif (lebih kecil tapi hanya 256 warna)  2. Unggah (Upload) di Web: .jpeg atau .png 3. Siap Cetak (Printing):  ▶️ .pdf (recommended, format warna harus CMYK dan 300 dpi),  ▶️ .tiff (ukuran file besar),  ▶️ .png (tinta RGB),  ▶️ .jpeg (utk cetak biasa, not recommended) Sumber : https://desainerhaus.com/2017/07/10/memilih-dan-menyimpan-dengan-format-file-grafis-yang-tepat/ https://bangunjayaprint.wordpress.com/2019/02/13/tips-menyiapkan-file-cetak-final-artwork-fa/

Bins, Smart Bins dan Power Bins di Davinci Resolve

Untuk mengorganisasi media sumber (source), Davinci Resolve 16 mempunyai 3 jenis yang disebut Bins . Yaitu Bins, Smart Bins dan Power Bins . Ketiganya ada di kolom sebelah kiri bagian bawah. Bins ini akan sangat membantu kita ketika media sumber yang kita gunakan ada banyak.  Yang pertama  Bins,  yaitu tempat untuk mengorganisasi atau mengelompokkan media dalam sebuah project . Dengan Bins kita bisa membuat folder untuk mengelompokkan video berdasarkan apa yang kita inginkan. Gunakan shortcut ctrl+shift+n untuk membuat folder/bins baru.  Selanjutnya Smart Bins , yaitu bins yang bisa mengelompokkan media secara otomatis sesuai dengan yang kita inginkan. Smart Bins terkelompok berdasarkan metadata. Jadi sebelumnya kita perlu mengisi metadata di kolom inspector .  Yang terakhir Power Bins . Yaitu Bins  seperti biasa yang bisa kita pakai di seluruh project Davinci Resolve. Secara default menu ini tidak terlihat. Untuk memunculkan buka menu View dan cari bag...

Prinsip kesatuan dalam desain

Unity atau lebih mudahnya disebut kesatuan adalah prinsip desain yang menyatukan beberapa prinsip desain dalam sebuah karya desain. Kesatuan membentuk kekompakan antara satu elemen yang berdampingan dengan elemen yang lain meskipun berbeda warna, skala atau style . Kesatuan adalah kesepakatan antara bagian-bagian yang membentuk keseluruhan desain. Kesatuan dicapai ketika setiap elemen individu dalam desain bersatu seperti teka-teki untuk menampilkan pandangan yang utuh. Bagaimana mencapai kesatuan?  Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesatuan tercipta dari beberapa prinsip desain. Untuk itu kita harus cermat dalam menyatukan beberapa prinsip yang berbeda untuk mencapai kesan utuh. Sebagai contoh, kontras. Ketika desainer memberikan sentuhan berbeda pada suatu objek untuk membuat kontras, jika tidak cocok maka akan membuat objek tersebut tidak cocok dengan desain secara keseluruhan.  Salah satu cara untuk membuat kesatuan adalah dengan melihat atau mengingat kembali proses des...