Langsung ke konten utama

Kotras dalam desain

Ketika menyebutkan kontras kebanyakan kita langsung terpikir warna. Padahal kontras warna adalah salah satu dari jenis atau alat untuk mencapai kontras. Kontras bisa tercapai dengan warna, bentuk, ukuran atau properti sejenis dari elemen-elemen yang berbeda.

Kontras memberikan 2 (dua) fungsi yang sangat penting. Pertama, itu akan membuat satu elemen/objek lebih menonjol dibandingkan dengan objek yang lainnya. Fungsi penting yang kedua yaitu aksesibilitas atau kemudahan dalam menerima informasi (dari desain).

Contoh penerapan prinsip kontras dalam desain:

Kontras dalam bentuk 

Ketika kita melihat 2 bentuk yang serupa, yang satu sederhana dan satunya lebih rumit maka mata kita akan lebih tertarik dengan bentuk yang lebih rumit. 


Kontras dalam warna 

Terlepas dari bentuk yang beraneka ragam, dari gambar di atas kita akan lebih tertarik pada warna yang lebih gelap. Warna yang berbeda dari kebanyakan elemen akan memberikan perhatian yang lebih. 


Kontras dalam skala

Berlaku juga untuk kontras dalam skala. Elemen yang lebih besar dari kebanyakan elemen atau lebih kecil akan memberikan perhatian. 


Kontras dalam tulisan atau tipografi 

Sering digunakan untuk membuat struktur dan hierarki. Ada beberapa metode untuk membuat kontras dalam tipografi: alignment, typeface (jenis tulisan), ukuran teks, warna dan berat teks. 





https://dribbble.com/resources/principles-of-design

https://254-online.com/contrast-principle-of-design/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Format File yang tepat untuk Cetak

Sebelum ke jenis file, kita harus tahu dulu jenis file grafis yg dihasilkan, apakah berupa ilustrasi atau vektor, foto, teks dan gambar, atau sekedar teks saja, dst. Setelah itu kita juga harus tahu tujuan file dibuat, atau output produksi yang ingin dihasilkan dengan file tersebut, contohnya: untuk dicetak di kertas atau garmen, atau sekedar dijadikan slide show, dst. 1. Vektor, Ilustrasi 2D, Teks: .png (paling tepat) atau .gif (lebih kecil tapi hanya 256 warna)  2. Unggah (Upload) di Web: .jpeg atau .png 3. Siap Cetak (Printing):  ▶️ .pdf (recommended, format warna harus CMYK dan 300 dpi),  ▶️ .tiff (ukuran file besar),  ▶️ .png (tinta RGB),  ▶️ .jpeg (utk cetak biasa, not recommended) Sumber : https://desainerhaus.com/2017/07/10/memilih-dan-menyimpan-dengan-format-file-grafis-yang-tepat/ https://bangunjayaprint.wordpress.com/2019/02/13/tips-menyiapkan-file-cetak-final-artwork-fa/

Bins, Smart Bins dan Power Bins di Davinci Resolve

Untuk mengorganisasi media sumber (source), Davinci Resolve 16 mempunyai 3 jenis yang disebut Bins . Yaitu Bins, Smart Bins dan Power Bins . Ketiganya ada di kolom sebelah kiri bagian bawah. Bins ini akan sangat membantu kita ketika media sumber yang kita gunakan ada banyak.  Yang pertama  Bins,  yaitu tempat untuk mengorganisasi atau mengelompokkan media dalam sebuah project . Dengan Bins kita bisa membuat folder untuk mengelompokkan video berdasarkan apa yang kita inginkan. Gunakan shortcut ctrl+shift+n untuk membuat folder/bins baru.  Selanjutnya Smart Bins , yaitu bins yang bisa mengelompokkan media secara otomatis sesuai dengan yang kita inginkan. Smart Bins terkelompok berdasarkan metadata. Jadi sebelumnya kita perlu mengisi metadata di kolom inspector .  Yang terakhir Power Bins . Yaitu Bins  seperti biasa yang bisa kita pakai di seluruh project Davinci Resolve. Secara default menu ini tidak terlihat. Untuk memunculkan buka menu View dan cari bag...

Prinsip repetisi / pengulangan dalam desain

Prinsip ini menggunakan objek yang sama atau sejenis secara berulang dalam desain. Repetisi menjadikan efek rasa kesatuan dan keberlanjutan dalam desain. Repetisi bisa digunakan untuk membuat ritme, yang bisa membantu mengarahkan user sesuai dengan keinginan kita. Selain menggunakan objek yang sama, repetisi bisa juga menggunakan style atau gaya yang sama untuk beberapa objek dalam desain. Dalam identitas brand, repetisi bisa digunakan untuk membuat karakter brand. Dengan pengulangan gaya yang sama, sebuah brand akan lebih mudah diingat. Dengan demikian repetisi bukan hanya membuat konsumen mengingat, tapi juga membuat mereka nyaman karena familiar dengan repetisi dari brand. Selain pengulangan dalam suatu desain dan beberapa desain dalam brand, kita juga bisa melihat lebih luas lagi tentang repetisi ini dalam tren desain. Tren desain bukan berarti kita mendesain yang sama atau menjadi tidak original. Tapi tren desain tersebut menjadi inspirasi kita untuk berkomunikasi dengan audien be...